Masyarakat Diimbau Sampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Sebelum Batas Waktu

Angga Bratadharma    •    Selasa, 18 Apr 2017 06:55 WIB
pajakperpajakan
Masyarakat Diimbau Sampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Sebelum Batas Waktu
Gedung Pajak (MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak mengimbau seluruh Wajib Pajak (WP) yang belum menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan tahun pajak 2016 untuk segera menyampaikan sebelum batas waktu 21 April 2017 bagi Wajib Pajak orang pribadi dan 30 April 2017 bagi Wajib Pajak badan.

Berdasarkan keterangan tertulisnya, Selasa 18 April 2017, jumlah WP terdaftar saat ini adalah 36.031.972 dengan 16.599.632 di antaranya wajib menyampaikan SPT. Dari jumlah tersebut, yang telah menyampaikan SPT tahun pajak 2016 hingga 14 April 2017 adalah 9.789.398 atau 58,97 persen.

Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara dan untuk itu Ditjen Pajak mengajak seluruh masyarakat untuk mengambil bagian bergotong royong dalam mendanai pembangunan nasional dengan menghitung, membayar dan melaporkan pajak secara jujur dan benar.



Bagi WP yang telah ikut amnesti pajak, diimbau agar tidak lupa memasukkan harta dan utang yang telah diungkapkan pada Surat Pernyataan Harta (SPH) beserta seluruh penghasilan yang diterima dari semua sumber termasuk dari pekerjaan, usaha, serta hasil penggunaan harta seperti penghasilan sewa, bunga, dividen, royalty dan sebagainya.

Penghasilan yang diperoleh dari luar negeri juga wajib dilaporkan dengan pajak yang telah dibayar di negara asal penghasilan akan menjadi kredit pajak di Indonesia. Adapun penerimaan pajak ini nantinya akan dialokasikan terhadap pembangunan ekonomi di Tanah Air.

Ditjen Pajak mengimbau seluruh wajib pajak untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan termasuk pembayaran pajak secara online melalui e-billing, dan pelaporan SPT secara elektronik melalui e-filing dan e-form.

 


(ABD)