Peringati Harkitnas

Menkeu Tekankan Peran Keuangan Negara untuk Pemerataan

Suci Sedya Utami    •    Senin, 22 May 2017 11:17 WIB
pembangunanekonomi indonesia
Menkeu Tekankan Peran Keuangan Negara untuk Pemerataan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memimpin langsung jalannya upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Adapun momentum Harkitnas perlu menjadi momentum perbaikan diri.

Bertindak sebagai pembina upacara, Ani, begitu ia disapa, dalam sambutannya menyatakan bahwa kebangkitan nasional merupakan simbol suatu bangsa yang dicapai melalui perjuangan para pahlawan.

Dalam implementasinya pada pemerintahan kali ini, lanjutnya, diwujudkan melalui konsep pemerataan pembangunan di mana peran keuangan negara sangat penting guna mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur.



"Kunci pembangunan adalah pemerataan pembangunan. Fokus belanja negara dari sisi infrastruktur maupun memperbaiki kualitas SDM Indonesia," kata Ani, di lapangan Kemenkeu, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin 22 Mei 2017.

Baca: RI Layak Investasi, Menkeu Kejar Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Untuk itu, dirinya berharap, Kementerian Keuangan yang dihuni oleh 50 persen genarasi muda dapat meneruskan estafet semangat para pejuang masa lalu dengan mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai instrumen fiskal dalam mewujudkan cita-cita Indonesia.

"Jadi penting menggunakan pajak dan perpajakan untuk bisa menjaga persatuan dan kesatuan serta menciptakan distribusi pemerataan yang adil," jelas Ani.

 


(ABD)