Pemerintah Siap Hadapi Dampak Kenaikan Suku Bunga ke Pertumbuhan

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 18 May 2018 14:00 WIB
bank indonesiabi ratesuku bungaekonomi indonesiarepo
Pemerintah Siap Hadapi Dampak Kenaikan Suku Bunga ke Pertumbuhan
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengaku telah menyiapkan diri untuk menghadapi dampak dari keputusan Bank Indonesia (BI) yang menaikkan suku bunga acuan ke pertumbuhan ekonomi Indonesia. Persiapan menjadi penting dalam rangka memperkuat mitigasi risiko agar tidak mengganggu momentum pertumbuhan.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menegaskan pemerintah tetap memastikan pertumbuhan ekonomi terjaga pada jalurnya yang caranya adalah dengan mendorong penguatan investasi yakni melalui penyederhanaan perizinan dan insentif fiskal untuk dunia industri.

"Artinya pemerintah sudah menyiapkan diri untuk itu," kata Darmin, di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Mei 2018.

Ia tidak menampik perekonomian bisa terpengaruh pergerakannya akibat kenaikan suku bunga oleh BI. Namun, Darmin meyakini, sejalan dengan perkembangan yang terjadi salah satunya ketika era suku bunga naik maka ekonomi akan ikut menyesuaikan, tentu dengan menjaga mitigasi risiko.

"Karena pada akhirnya akan memberikan adjustment pada nilai dan harga. Jangan risau, ekonomi itu tidak statis, ekonomi itu bergerak," jelas mantan Gubernur BI ini.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indarawati menyatakan pendapat serupa terkait upaya pemerintah dalam menghadapi tekanan suku bunga tinggi bagi pertumbuhan ekonomi.

"Kita antisipasi. Karenanya pemerintah merespons dengan kebijakan-kebijakan investasi, supaya lebih mudah, sehingga biaya yang tinggi tidak mengurangi (geliat pertumbuhan)," jelas Ani.

Sebelumnya, Bank Indonesia menyatakan kenaikan suku bunga acuan sebanyak 25 basis poin (bps) menjadi 4,5 persen akan menganggu pertumbuhan ekonomi tahun ini. Namun bank sentral meyakini pertumbuhan ekonomi hanya akan turun tipis dari target untuk tahun ini.

 


(ABD)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA