BI : Perbankan Nasional Siap Hedging di 2017

Eko Nordiansyah    •    Senin, 19 Sep 2016 17:06 WIB
hedging (lindung nilai)
BI : Perbankan Nasional Siap <i>Hedging</i> di 2017
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut, perbankan nasional siap untuk melaksanakan transaksi lindung nilai (hedging) pada 2017. Saat ini, perbankan dalam negeri masih harus bekerja sama dengan bank-bank yang berada di luar negeri untuk melakukan hedging.

Sejauh ini, BI sudah memberikan kelonggaran bagi perusahaan-perusahaan milik negara maupun swasta untuk melakukan transaksi lindung nilai dengan bank yang berada di luar negeri. Aturan ini diperbolehkan hingga Juli 2017.

"Saya melihat diskusi kita dengan perbankan lewat Foreign Exchange Market Committee itu baik sekali," tutur Gubernur BI, Agus Martowardojo di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2016). 

Hingga saat ini, BI selaku regulator juga masih menyiapkan fasilitas untuk bank dalam negeri melakukan hedging. BI sendiri menargetkan hingga akhir tahun ini semua aturan mengenai pendalaman pasar uang bisa siap.

Aturan pendalaman pasar uang telah diterbitkan dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang Pasar Uang, PBI Nomor 18/11/PBI/2016. BI pun akan menerbitkan aturan terkait untuk transaksi derivatif, call spread yang membuat perbankan dalam negeri lebih siap untuk menjalankan hedging.

"Mungkin di awal perbankan dalam negeri dalam menyiapkan fasilitas, harus bekerjasama dengan asing dan itu enggak apa-apa. Tapi setelah itu di dalam negeri akan lebih siap kapabilitasnya," ujar dia. 



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA