Pemerintah Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2017 Lebih Baik

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 30 May 2017 17:46 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pemerintah Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2017 Lebih Baik
Menteri Keuangan Sri Mulyani/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi nasional akan lebih baik pada 2017 dibandingkan 2016 yang hanya 5,01 persen. Tahun ini pertumbuhan ekonomi diperkirakan mencapai 5,3 persen.

"Dari pertumbuhan ekonomi mungkin diperkirakan akan membaik meskipun kita harus secara hati-hati melihat kuartal kedua dan ketiga. Outputnya bisa mencapai 5,3 meskipun kita tetap antara 5,1 sampai 5,3," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 30 Mei 2017.

Untuk mencapai angka 5,3 persen, kata dia, ekonomi nasional harus tumbuh lebih tinggi pada kuartal II, III dan IV, yaitu sekitar 5,4 persen. "Ini adalah suatu tantangan yang tidak mudah," ucap dia.

Tak hanya itu, pemerintah melihat adanya perubahan cukup besar pada pendapatan negara, terutama harga minyak. Rata-rata harga minyak saat ini mencapai USD50 per barel. Sedangkan asumsi di APBN ialah USD45 per barel.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah juga melihat dari sisi cost recorvery yang dimungkinkan akan ada sedikit kenaikan. Dari perubahan itu, beber dia, pemerintah melihat ada evaluasi sesudah tax amnesty dan penerimaan perpajakan tahun 2017.

"Ini yang diperkirakan mungkin masih ada beberapa tekanan dari sisi penerimaan. Tidak setinggi seperti yang dibayangkan pada saat menyusun APBN. Pertumbuhan pajaknya berdasarkan APBN 2017 dengan penerimaan tahun 2016, itu asumsinya ada pertumbuhan 16 persen," kata dia.

Selain itu, faktor eksternal berupa ekspor dan Import yang diklaim lebih bagus dari 2016 juga menjadi dasar keyakinan pemerintah soal membaiknya pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kita perkirakan dari tahun lalu akan terjadi hal yang positif. Kemudian dari sisi investasi mungkin sedikit lebih baik. Dari sisi konsumsi kami anggap akan tetap stabil meskipun inflasi diperkirakan lebih dikit dibandingkan tahun lalu," ucap Sri.


(OJE)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

13 hours Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA