Sri Mulyani: Asian Games 2018 Berpeluang Tumbuhkan Ekonomi

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 02 Dec 2017 15:32 WIB
pertumbuhan ekonomiasian games 2018
Sri Mulyani: Asian Games 2018 Berpeluang Tumbuhkan Ekonomi
Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) saat meninjau persiapan Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Jakarta: Perhelatan Asian Games 2018 yang akan diadakan di Indonesia akan mendorong kemajuan ekonomi Indonesia. Terutama dua kota yang menjadi penyelenggara acara tersebut yakni Jakarta dan Palembang.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan acara yang diadakan setiap empat tahun sekali ini akan mendatangkan banyak kontingen dari berbagai negara yang bisa membuka peluang bagi pertumbuhan ekonomi Jakarta dan Palembang.

"Kalau dari ekonomi jangka menengah panjang, Asian Gamesnya sendiri kan nanti banyak sekali kontingen yang akan hadir di sini dari berbagai negara dan kemudian juga kegiatan aktivitas sportingnya," kata Ani di Lapangan Hoki, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu, 2 Desember 2017.

Selain di kota yang menjadi pusat perhelatan acara itu, Ani juga menyebutkan daerah lain khususnya yang berada dekat Jakarta dan Palembang juga akan merasakan dampak dari pertumbuhan ekonomi.

"Saya rasa ini kan meningkatkan tidak hanya ekonomi jakarta tapi juga Indonesia karena ada di dua tempat dan sekitarnya," ucap Ani.

Seperti diketahui, acara multievent olahraga regional Asia ini rencananya akan diselenggarakan di Indonesia pada 18 Agustus 2018-2 September 2018 di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang serta tuan rumah pendukung Lamoung, Jawa Barat, dan Banten.

Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 41 cabang, terdiri dari 33 cabang olahraga olimpiade, dan delapan cabang olahraga nonolimpiade.

Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games ke-IV yang diadakan di Jakarta pada 1962. Sebagian fasilitas yang dibangun untuk Asian Games IV akan kembali digunakan dalam Asian Games XVIII ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games akan diadakan di dua kota sekaligus.

 


(AHL)