BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2017 Sebesar 5,1%

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 02 Feb 2018 17:03 WIB
pertumbuhan ekonomibank indonesia
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2017 Sebesar 5,1%
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. (FOTO: medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 5,1 persen atau lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 5,02 persen. Hal ini menunjukkan upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan terus berlanjut.

"Bahwa tren pertumbuhan tiga tahun ini adalah pemulihan," kata Gubernur BI Agus Martowardojo ditemui di Kompleks Perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Februari 2018.

Dirinya mengaku optimistis jika pertumbuhan ekonomi tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun ini bank sentral memproyeksikan ekonomi tumbuh antara 5,1 sampai dengan 5,5 persen.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi yang lebih baik ditopang oleh inflasi yang terjaga stabil di level di 3,61 persen secara year on year (yoy). Selain itu, transaksi berjalan juga diperkirakan masih relatif sehat serta neraca pembayaran yang terjaga.

"Kita juga lihat defisit transaksi berjalan 2017 di USD17 miliar. Jadi defisit transaksi berjalan 2017 ada di bawah dua persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 1,8 persen dari PDB," jelas dia.

Agus menambahkan, momentum perbaikan ekonomi ini harus terus dilanjutkan, terlebih ekonomi global juga diperkirakan lebih baik. Tahun ini ekonomi global diprediksi tumbuh hingga 3,8 persen.

"Indonesia harus mengambil kesempatan ini karena berpeluang juga meningkatkan ekonominya karena ekonomi dunia membaik," pungkasnya.


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

4 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA