Tekan Tumpang Tindih Anggaran, Pemerintah Perlu Bersinergi

Desi Angriani    •    Selasa, 20 Sep 2016 17:21 WIB
kementerian lembagalaporan keuangan
Tekan Tumpang Tindih Anggaran, Pemerintah Perlu Bersinergi
Menkeu Sri Mulyani menyampaikan Laporan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah 2016. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rapat kerja nasional (rakernas) akuntansi dan pengelolaan keuangan pemerintah diharapkan akan meningkatkan dan menguatkan sinergi pemerintah pusat dan daerah.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat menyampaikan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah 2016, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Seperti diketahui, ujar dia, pemerintah pusat juga memiliki anggaran di kementerian dan lembaga (K/L). Dia berharap ada sinergi dengan pemerintah daerah (pemda) jika ingin membangun infrastruktur terkait berapa besar anggaran yang dialokasikan melalui K/L.

"Berapa anggaran dialokasikan oleh pemerintah daerah sehingga menghilangkan tumpang tindih tapi saling mendukung untukmemperkuat kualitasnya. Ini juga penting untuk target kepada masyarakat miskin," jelas dia.

Selain itu, lanjutnya, melalui sinergi ini juga bisa terungkap berapa besar dana yang dibelanjakan melalui K/L dan berapa yang dibelanjakan melalui pemda. Sehingga masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan, bisa menerima bantuan tersebut dan bermanfaat untuk memperbaiki kesejahteraannya.

Oleh karena itu, tambah Sri Mulyani, sinergi ini tidak hanya sekadar laporan keuangan yangdiaudit dan dipublikasikan saja, namun inti dari informasinya diharapkan akan makin memperbaiki kualitas kebijakan publik.

"Baik di pemerintah, dewan, dan masyarakat makin memiliki informasi yang akurat yang berbasis laporan keuangan yang sudah diaudit mengenai kegiatan pemerintah dan bagaimana pemerintah mengalokasikan sumber dayanya," jelasnya.

Menurut dia, ini merupakan satu tujuan yang harus terus menerus dilakukan. Karena itu, agenda rakernas seperti ini tentunya tidak harus menjadi rutinitas, namun harus diukur dari sisi kualitas.

"Tidak hanya kualitas laporan keuangannya, tapi kualitas dari perbaikan kebijakan dengan menggunakan data laporan keuangan itu," tutup dia.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA