Menko Darmin Nilai e-Commerce Dorong Kenaikan Konsumsi Kuartal II

Eko Nordiansyah    •    Senin, 06 Aug 2018 18:58 WIB
ekonomi indonesia
Menko Darmin Nilai <i>e-Commerce</i> Dorong Kenaikan Konsumsi Kuartal II
Menko Darmin Nasution. MI/ROMMY PUJIANTO.

Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai kenaikan perdagangan daring (e-commerce) mendorong pertumbuhan konsumsi kuartal II. Pada kuartal II-2018, konsumsi rumah tangga mengalami pertumbuhan sebesar 5,14 persen.

Menurut Darmin kenaikan belanja melalui e-commerce bisa dilihat dari kenaikan impor barang konsumsi. Impor barang-barang konsumsi tidak tahan lama, setengah tahan lama, maupun tahan lama, sama-sama naik.

"Itu ada hubungannya dengan e-commerce, jadi memang ada gejala bahwa rumah tangga terutama di perkotaan memang senang," kata Darmin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 6 Agustus 2018.

Dirinya menambahkan, kenaikan konsumsi untuk e-commerce ini tetap harus diwaspadai karena bisa mengganggu produksi dalam negeri. Apalagi barang yang diimpor juga tak selamanya barang canggih atau barang yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri.

"Ini juga persoalan yang harus kita cermati, masyarakat memang sedang berubah juga, mau diapain. Saya selalu, saya enggak pernah kemudian menyalahkan atau apa, normal saja orang berubah, tinggal kita yang harus cari jalan," jelas dia.

Pada kuartal II, tingginya konsumsi rumah tangga dipengaruhi beberapa faktor di antaranya inflasi yang terjaga hingga berbagai faktor musiman. Ke depan Darmin berharap agar konsumsi tetap bisa terjaga terutama bagaimana mendorong masyarakat memiliki pendapatan.

"Jadi kalau kalian tanya kuartal depan masih bisa 5,14, ya saya belum bisa jawab. Nanti kita lihat dulu perjalanan ekonominya seperti apa, itu tidak bisa dilihat pada satu titik waktu, apalagi awal-awal," pungkasnya.


(SAW)