Kuartal II, Ekonomi Diperkirakan Tumbuh 5,2%

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 05 Jul 2018 19:34 WIB
ekonomi indonesia
Kuartal II, Ekonomi Diperkirakan Tumbuh 5,2%
Illustrasi (ANT/Zabur Karuru).

Jakarta: Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2018 diperkirakan tumbuh sekitar 5,15 sampai dengan 5,20 persen. Perkiraan ini meningkat dari realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal I-2018 yang hanya mencapai 5,06 persen.

"Konsumsi rumah tangga dan PMTB (investasi) diperkirakan masih menjadi pendorong utama ekonomi domestik," kata Ekonom Bank Permata Josua Pardede kepada Medcom.id di Jakarta, Kamis, 5 Juli 2018.

Dirinya menambahkan, peningkatan laju konsumsi rumah tangga secara agregat dipengaruhi oleh faktor musiman Ramadan serta Hari Raya Idulfitri. Konsumsi masyarakat cenderung meningkat yang tercermin dari perputaran uang seiring dengan aktivitas pada Hari Raya.

Tren peningkatan perputaran uang tersebut, lanjut dia, tercermin dari data uang beredar. Penggunaan uang kartal oleh masyarakat menunjukkan peningkatan sebagaimana tercermin pada meningkatnya berbagai indikator pengedaran uang.

"Antara lain jumlah uang beredar (UYD) dan net aliran uang kartal yang keluar dari Bank Indonesia ke perbankan dan masyarakat (net outflow)," jelas dia.

Peningkatan laju konsumsi rumah tangga juga tercermin dari tren porsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi cenderung meningkat dibandingkan kuartal I. Faktor musiman panen raya yang masuk pada kuartal II juga akan mendorong perekonomian khususnya sektor pertanian.

Selain konsumsi rumah tangga, investasi pun diperkirakan akan menjadi pendorong perekonomian pada kuartal II. Peningkatan laju investasi tercermin dari peningkatan laju impor non-migas khususnya impor barang modal dan bahan baku.

"Peningkatan investasi bangunan juga diperkirakan masih meningkat seiring dengan penyelesaian proyek-proyek infrastruktur secara nasional. Jadi, secara keseluruhan, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II diperkirakan meningkat dibandingkan kuartal I tahun ini," pungkasnya.

 


(SAW)


Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

1 hour Ago

Perang dagang yang kini tengah berkecamuk antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok secara langs…

BERITA LAINNYA