Kemenkeu Siapkan Alokasi Rp8 Triliun untuk Kucurkan Gaji ke 13 & 14

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 13 May 2017 09:57 WIB
pns
Kemenkeu Siapkan Alokasi Rp8 Triliun untuk Kucurkan Gaji ke 13 & 14
Ilustrasi PNS. (FOTO: ANTARA/Siswowidodo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengalokasikan besaran anggaran gaji ke 13 dan ke 14 atau tunjangan hari raya (THR) untuk para pegawai negeri sipil dan pensiunan PNS. Lantas berapa besarannya?

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan besarannya tak jauh berbeda dengan alokasi yang dianggarkan pada anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun lalu.

"Kemungkinan hampir sama sebab enggak ada kenaikan gaji pokok dan enggak ada kenaikan pegawai," kata Askolani di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat 12 Mei 2017.

Tahun lalu, untuk gaji ke-13, Kemenkeu telah menganggarkan sebesar Rp7 triliun-Rp8 triliun dalam APBN 2016. Sementara untuk gaji ke 14 diakui tidak jauh berbeda dengan gaji ke-13.

"Bisa Rp7 triliun-Rp8 triliun, bisa lebih sedikit," ujar dia.

Sementara pencairannya, kata Askolani, menunggu payung hukum berupa Peraturan Pemerintah (PP) dari Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Asman Abrur.

"Sudah disiapkan tapi nanti tunggu PP-nya masih sama Menpan Asman," kata Askolani bulan lalu.

Sementara itu, Asman mengatakan masih merancang landasan hukum, kriteria, dan besaran pemberian gaji ke-13 dan ke-14 beserta tunjangan kinerja (tukin) bagi pegawai negeri sipil (PNS).

"Ini lagi kami desain, kami ingat juga termasuk tukin, segala macam terus kami perbaiki. Tapi targetnya tahun ini (rancangan selesai dan diberikan gaji tersebut ke PNS)," ujar Asman.

Asman menjelaskan, untuk kriteria, kementeriannya merumuskan, pemberian gaji dan tunjangan tambahan akan diberikan dengan melihat kinerja pelayanan publik yang diberikan oleh masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L).

Penilaian tersebut, sambung Asman, diharapkan dapat menjadi motivasi lebih bagi PNS agar kinerja yang dihasilkan dapat lebih baik dan meningkat di masa selanjutnya.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

2 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA