Bank Dunia: Kisaran Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2-5,6% Bisa Dijangkau

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 15 Jun 2017 14:42 WIB
pertumbuhan ekonomi
Bank Dunia: Kisaran Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2-5,6% Bisa Dijangkau
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Dunia menilai target pertumbuhan ekonomi yang diajukan pemerintah dan disepakati Komisi XI DPR dalam kisaran 5,2-5,6 persen tahun depan merupakan angka yang masih bisa dijangkau.

"Rentang ini menurut kami sangat bisa dijangkau," kata  Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo A Chaves, di Energi Building, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis 15 Juni 2017.

Chaves mengatakan, tahun depan Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada level 5,3 persen. Angka tersebut berada di tengah-tengah kisaran yang disepakati.

Chaves mengatakan tahun depan, pertumbuhan akan didukung oleh belanja yang lebih baik dari kualitas maupun kuantitas, serta perbaikan ekspor yang didukung oleh harga komoditas yang mulai meningkat serta permintaan eksternal yang lebih kuat seiring dengan pertumbuhan perekonomian global yang lebih cepat dan pulihnya perdagangan global

Sementara tahun ini, Bank Dunia memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh di level 5,2 persen, didukung dengan penerimaan fiskal yang lebih kuat, pemulihan konsumsi pemerintah yang terlihat pada triwulan I dan diperkirakan akan berlanjut.

Sekadar informasi, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017, Pemerintah mengusulkan pertumbuhan ekonomi pada kisaran 5,4-6,1 persen. Namun, dalam rapat kerja Komisi XI dan Pemerintah dua hari lalu, disepakati 5,2-6,1 persen.

 


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA