Jurus Pemerintah Ciptakan Pemerataan Ekonomi

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 14 Jun 2017 07:26 WIB
ekonomi indonesia
Jurus Pemerintah Ciptakan Pemerataan Ekonomi
Menko Perekonomian Darmin Nasution. MTVN/ Eko N

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah cukup baik. Namun performa tersebut masih belum dibarengi dengan pemerataan ekonomi ke berbagai daerah di Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, pemerintah benar-benar serius dalam menyelesaikan masalah pemerataan ekonomi. Apalagi tingkat kemiskinan serta pengangguran masih tinggi meski mengalami tren perbaikan.

"Kita juga tahu kalau tidak dilakukan sesuatu tidak mungkin begitu saja berlanjut. Itu sebabnya kita merancang kebijakan pemerataan ekonomi dan memang perlu waktu dan persiapan," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa 13 Juni 2017 malam.

Untuk itu, pemerintah mulai menyelesaikan masalah pemerataan ekonomi yang salah satu caranya adalah dengan melakukan reformasi agraria. Sektor ini menurut Darmin dipandang yang paling sulit meski dampaknya akan terasa kepada sektor lainnya.

"Pertama perbaikan penguasaan lahan, syukur-syukur kalau perbaikan kepemilikan lahan, namun minimum penguasaannya dulu. Bukan pertanian saja dalam arti pangan, namun juga peternakan dan perkebunan," tutur dia.

Selain itu, untuk mencapai pemerataan ekonomi maka diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Darmin menyebutkan untuk meningkatkan kualitas SDM harus dilakukan dengan pendidikan vokasional yang disertai dengan pelatihan.

"Kemudian pengembangan sektor-sektor yang penting dalam transformasi ekonomi. Apa saja? Pertama industri manufaktur, kedua pariwisata yang dikembangkan betul juga. Kenapa sektor ini penting? Karena ini tulang punggung dari transformasi ekonomi," lanjut Darmin.

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini menambahkan, pemerintah mulai melakukan pemangkasan subsidi yang sifatnya konsumtif. Kemudian dana yang ada dialihkan untuk bantuan pendidikan, bantuan sosial, bahkan hingga pembangunan infrastruktur yang dinilai berdampak langsung pada pemerataan ekonomi.

"Tentu saja infrastruktur itu, menyerap lapangan kerja juga paling tidak di awal proses pembangunan. Pembangunan infrastruktur yang banyak serap tenaga kerja menengah ke bawah bisa mempengaruhi penurunan tingkat pengangguran dan menekan tingkat kemiskinan," jelas Darmin.


(SCI)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA