BI Tahan Suku Bunga Acuan 4,75%

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 15 Jun 2017 16:53 WIB
bank indonesiabi raterepo
BI Tahan Suku Bunga Acuan 4,75%
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara (kiri). (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7 day reverse repo rate sebesar 4,75 persen. Penetapan ini jiga diikuti dengan dipertahankannya suku bunga depocit facility dan lending facility.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, suku bunga deposit facility tetap 4 persen. Sementara itu suku bunga lending facility dipertahankan pada posisi sebesar 5,50 persen.

"Keputusan tersebut konsisten dengan upaya Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi, sistem keuangan, dan mendukung keberlanjutan pemulihan ekonomi domestik," kata Tirta di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 15 Juni 2017.

Tirta menjelaskan, bank sentral tetap mewaspadai sejumlah risiko baik dari sisi global maupun domestik. Risiko global yang dimaksud antara lain kenaikan suku bunga acuan AS Fed Fund Rate (FFR) lebih lanjut dan rencana penurunan besaran neraca The Fed.

Selain itu, risiko lain adalah dampak pemilihan umum di Inggris. Pun penurunan harga komoditas, terutama harga minya dunia juga terus diwaspadai.

Dari sisi domestik, risiko yang diwaspadai BI adalah dampak penyesuaian komponen harga yang diatur pemerintah alias administered prices terhadap inflasi dan berlanjutnya konsolidasi korporasi dan perbankan.

"Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. BI juga memperkuat koordinasi bersama pemerintah dalam pengendalian inflasi," ujar Tirta.

 


(AHL)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

13 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA