Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diharapkan Lebih Cepat Tahun Ini

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 07 Feb 2018 12:41 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diharapkan Lebih Cepat Tahun Ini
Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo menilai perekonomian Indonesia telah secara konsisten menunjukkan pemulihan yang stabil dari tren menurun sejak 2013. Ekonomi telah berhasil tumbuh sedikit lebih cepat tahun lalu di tengah-tengah ketidakpastian ekonomi global dan volatilitas pasar keuangan yang tinggi.

"Kami mengharapkan peningkatan pertumbuhan ekonomi secara bertahap terus di 2018 dan seterusnya. Namun, Indonesia masih perlu mempercepat pertumbuhan lebih lanjut," kata dia dalam Mandiri Investment Forum 2018 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu, 7 Februari 2018.

Dirinya menambahkan, Indonesia harus bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di atas enam persen untuk mengatasi beberapa tantangan ke depan, antara lain menurunkan tingkat pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan inklusif. Salah satunya adalah mendorong industri manufaktur untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Pada saat ini, kami percaya bahwa Indonesia harus menghidupkan kembali dan mengubah industri manufaktur untuk meningkatkan tingkat pertumbuhan ekonomi. Peran sektor swasta, termasuk BUMN, telah menjadi signifikan pada tahap ini oleh ekspansi investasi di calon industri manufaktur," jelas dia.

Melalui penyelenggaraan Mandiri Investment Forum ini, perseroan berharap agar Indonesia bisa menetapkan strategi demi mengejar ketertinggalan ekonomi. Khususnya dalam meningkatkan investasi di sektor manufaktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Melihat 2018 yang penuh harapan, seharusnya Mandiri Investment Forum memberi investor pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan peluang yang Indonesia tawarkan. Lebih dari 600 peserta di Macro Day, termasuk lebih dari 50 investor portofolio institusi asing dan lebih dari 200 pelanggan perdana Bank Mandiri, menghadiri forum tahun ini," kata dia.

Forum Investasi Mandiri telah fokus pada peran investasi swasta di Indonesia untuk mengendarai momentum pertumbuhan ekonomi pasca krisis keuangan global dan komoditas. Peluang dan tantangan investasi langsung di beberapa sektor akan diberikan melalui diskusi yang lebih terfokus dalam Macro Day.

"Macro Day ini memberikan panduan investasi langsung di masa depan dari Pemerintah Pejabat tinggi. Tahun ini, isu 'Reformasi dan Pertumbuhan Politik Tahun' diangkat sebagai tema utama kami sejak tahun ini menandai dimulainya beberapa peristiwa penting untuk ekonomi. Pengeluaran fiskal selama periode pemilihan juga akan dilihat sebagai kontribusi sektor swasta untuk menjaga momentum ekonomi," pungkasnya.

 


(AHL)


Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

16 hours Ago

Mereka mengapresiasi inovasi dan community based yang sukses terbentuk di Tukad Bindu, ya…

BERITA LAINNYA