Devisa Pariwisata Capai USD202 Miliar di Pemerintahan Jokowi

   •    Selasa, 11 Dec 2018 13:06 WIB
pertumbuhan ekonomipariwisata indonesiaekonomi indonesia
Devisa Pariwisata Capai USD202 Miliar di Pemerintahan Jokowi
Presiden Joko Widodo (Foto: Setkab)

Jakarta: Devisa dari sektor pariwisata selama empat tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai USD202 miliar. Dari tahun ke tahun sektor pariwisata terus menjadi andalan pemerintah dalam memberikan kontribusi positif untuk menggerakkan perekonomian nasional, terutama dalam menggerakkan ekonomi lokal dan penerimaan devisa.

Mengutip Antara, Selasa, 11 Desember 2018, menurut Kantor Staf Presiden, devisa pariwisata pada 2017 mencapai USD202 miliar, meningkat secara signifikan dibandingkan dengan devisa pariwisata pada 2014 yang mencapai sebesar USD175 miliar.

Dalam rangka mendorong daya saing dan menjadikan pariwisata sebagai sumber utama devisa, pemerintah terus meningkatkan pembangunan infrastruktur dan aksesibilitas pariwisata nasional yang tersebar dari wilayah barat hingga timur Indonesia.

Upaya ini sudah menghasilkan peningkatan daya saing pariwisata Indonesia, menurut  ukuran standar internasional. Menurut World Economic Forum, Indeks Daya Saing Pariwisata Indonesia meningkat dari indeks 70 di tahun 2013 menjadi indeks 42 di tahun 2017.

Seadngkan Presiden Joko Widodo terus ingin meningkatkan prestasi pariwisata Indonesia. Hal itu dianggap penting karena berkaitan dengan peningkatan devisa dan pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah di Indonesia.

"Kita ingin mendatangkan wisatawan yang banyak dari mancanegara. Untuk itu kita perbaiki fasilitas infrastruktur. Runway diperpanjang, terminal diperbaiki, jalur transportasi diperbaiki, hotel dan lainnya kita siapkan," kata Jokowi.


(ABD)