Studi: Pembangunan Infrastruktur Pacu Ekonomi RI Tumbuh 6,5%

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 09 Oct 2018 16:02 WIB
IMF-World Bank
Studi: Pembangunan Infrastruktur Pacu Ekonomi RI Tumbuh 6,5%
Infrastruktur. MI/RAMDANI.

Bali: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan pentingnya mendorong pembangunan infrastruktur. Dia bilang dengan infrastruktur dapat memacu ekonomi Indonesia tumbuh lebih tinggi.

"Salah satu studi bilang infrastruktur bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kita mencapai 6,5 persen, tapi tentu dengan reform-reform yang lain," kata Perry di Bali, Selasa, 9 Oktober 2018.

Dalam rancangan pembangunan jangka menengah panjang nasional (RPJMN) 2014-2019 bahkan telah ditargetkan pertumbuhan ekonomi di level lima hingga tujuh persen. RPJMN menekankan pentingnya percepatan infrastruktur antara lain melalui pembangunan jalan tol, bandar udara, pelabuhan, dan penambahan kapasitas pembangkit listrik.

Di sisi lain pemerintah telah menetapkan 223 proyek strategis nasional (PSN) dengan kebutuhan pembiayaan mencapai USD307miliar. Dengan target pembangunan yang cukup tinggi tersebut lanjut Perry peran serta seluruh pihak sangat diperlukan.

Lebih lanjut diestimasikan 60 persen dari total pendanaan atau setara USD181 miliar dari pendanaan pihak swasta. Serta sebesat 31 persen dari total pendanaan atau setara USD94 miliar berasal dari pendanaan BUMN sedangkan sisanya dari APBN.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

2 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA