BKPM: Negosiasi Freeport Indonesia Menentukan Pandangan Investor

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 11 Oct 2017 11:50 WIB
freeport
BKPM: Negosiasi Freeport Indonesia Menentukan Pandangan Investor
Ilustrasi tambang Freeport. (FOTO: MI/Agus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan hasil dari negosiasi antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia sangat menentukan pandangan investor luar negeri di masa depan.

Kepala Pusat Bantuan Hukum BKPM Riyatno mengatakan berhasil atau tidaknya negosiasi antara pemerintah dengan perusahaan tambang raksasa itu sangat berpengaruh pada minat investor.

"Berhasil tidaknya negosiasi ini tentu akan berpengaruh pada pandangan investor pada iklim usaha di Indonesia," kata Riyatno dalam diskusi di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu 11 Oktober 2017.

Adapun untuk menjaga iklim usaha tersebut, Riyatno menjelaskan harapannya negosiasi antara pemerintah dan Freeport Indonesia dapat menghasilkan solusi yang baik yakni win-win solution.

"Nego diharapkan win-win solution, dan tetap perhatikan nilai tambah yang diperoleh pemerintah dengan perubahan Kontrak Karya ke Izin Usaha Pertambangan Khusus," ucap dia.

Dengan win-win solution tersebut, Riyatno menambahkan, manfaat tidak hanya dirasakan oleh investor. Tetapi juga memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya masyarakat Papua.

"Dan dengan win-win solution ini perusahaan dapat investasi dengan tenang di Indonesia dan pemerintah khususnya masyarakat? bisa menikmati hasil investasi PT Freeport Indonesia," tutup dia.

 


(AHL)