Investasi jadi Kunci Utama Pertumbuhan Ekonomi di Atas Lima Persen

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 07 Dec 2017 18:43 WIB
investasi
Investasi jadi Kunci Utama Pertumbuhan Ekonomi di Atas Lima Persen
Ilustrasi. MI/Galih Pradipta.

Jakarta: Pemerintah dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019 mencanangkan pertumbuhan ekonomi hingga tujuh persen.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di level melebihi lima persen kunci utamanya yakni terletak pada investasi.

"Seperti yang bapak presiden sampaikan, kunci utamanya adalah investasi," kata Ani di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Desember 2017.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan jika investasi tetap sustain dan tumbuh di atas tujuh persen artinya perusahaan yang selama ini menunda produksi sudah mulai investasi.

Dia bilang, pemerintah terus berupaya untuk memperbaiki kemudahan berusaha atau ease of doing business  (EODB) untuk membuat investasi tumbuh lebih tinggi lagi baik untuk investasi langsung dalam negeri maupun investasi langsung asing (FDI).

Saat ini peringkat EODB Indonesia berada pada posisi 72 dari sebelumnya 91, atau naik 19 peringlay. Presiden Jokowi menargetkan EODB kembali naik tingkat ke level 40.

"Selama investasi masih tumbuh probase itu sudah optimistis, jadi itu yang kita fokuskan," jelas dia.


(SAW)


Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

18 hours Ago

Perlambatan ekonomi Turki sebagai akibat terjerembapnya lira, mata uang mereka, hingga lebih da…

BERITA LAINNYA