Sidang Perdana

Sri Mulyani Sebut Penggugat Tax Amnesty Tak Penuhi Kualifikasi

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 20 Sep 2016 17:29 WIB
tax amnesty
Sri Mulyani Sebut Penggugat <i>Tax Amnesty</i> Tak Penuhi Kualifikasi
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjadi pihak yang mewakilkan Pemerintah dalam sidang pertama terkait gugatan terhadap Undang-Undang pengampunan pajak atau tax amnesty dengan agenda pandangan Pemerintah dan DPR di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sidang dipimpin Ketua MK Arief Hidayat. Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, menjelaskan para pemohon gugatan mendalihkan selaku kelompok yang taat bayar pajak dan merasa dirugikan dengan adanya tax amnesty karena memberi ruang pengampunan bagi yang tak patuh membayar pajak.

Ani menyebut jika pihak pemohon gugatan yakni Yayasan Satu Keadilan (YSK) dan Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI), tidak memenuhi kualifikasi sebagai pihak yang mengajukan uji materi atau judicial review (JR).

Berdasar aturan MK, sebut Ani, ada lima kualifikasi yang harus dipenuhi untuk mengajukan gugatan uji materi. Menurut Ani, baik YSK maupun SPRI hanya memenuhi satu syarat saja yakni adanya hak konsitusional sebagaimana di atur dalam UUD 1945 bersamaan dalam hukum dan pemerintahan.

"Empat lagi tidak dipenuhi," kata Ani di ruang sidang, Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan UU tax amnesty diberikan untuk seluruh WNI sebagai bentuk kepatuhan yang selama ini belum dilakukan. Selain itu UU tax amnesty secara nyata tidak merugikan masyarakat miskin. Malah, tegas Ani, memberikan keuntungan bagi masyarakat di antaranya dana repatriasi akan menggerakkan perekonomian nasional, uang tebusan digunakan untuk kepentingan pembangunan, serta terjaminnya penerimaan negara secara keberlanjutan.

"Jelas-jelas enggak menyebabkan kerugian konstitusi bagi siapa pun. Meski demikian Pemerintah akan tetap memberi keterangan," jelas dia.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA