Arus Modal Masuk RI Rp122 Triliun hingga Pekan Pertama Juni

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 16 Jun 2017 16:38 WIB
capital inflow
Arus Modal Masuk RI Rp122 Triliun hingga Pekan Pertama Juni
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat arus modal masuk (capital inflow) ke Indonesia mencapai Rp122 triliun terhitung sejak 1 Januari sampai dengan pekan pertama Juni 2017.

Padahal, pada periode yang sama tahun lalu, inflow yang masuk ke dalam negeri hanya sekira Rp70 triliun. "Kondisi ini baik," ujar Gubernur BI, Agus Martowardojo di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 16 Juni 2017.

Jika diamati, kata dia, misalnya terkait dengan Credit Default Swap (CDS) terjadi perbaikan di awal tahun sebanyak 157 dan sekarang 117. Surat utang negara (SUN) 10 tahun yield di awal tahun masih berada di kisaran tujuh sampai delapan persen, sekarang 6,8 persen bahkan lebih rendah.

Dirinya menambahkan, kondisi ekonomi tetap terjaga dan diharapkan pemulihan ekonomi terus berjalan. Namun begitu, yang harus segera diselesaikan adalah mempercepat upaya konsolidasi di perbankan dan koprorasi.

"Korporasi secara umum profitabilitas, Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA) semua menunjukan kondisi membaik. Kondisi utang mereka karena neracanya sudah lebih baik maka kemampaun mereka untuk membayar utang sudah lebih baik, bank juga demikian," jelas dia.

Meski begitu, Agus meyakini jika kondisi perekonomian masih akan terus mengalami perbaikan. Bahkan dirinya menilai jika ekspansi yang dilakukan bank maupun korporasi belum maksimla terlihat dari pertumbuhan kredit yang belum membaik.

"Tapi kami lihat pertumbuhan di non bank yang Initial Public Offering (IPO), terbitkan surat utang dan obligasi banyak. Kami paham karena tingkat bunga kompetitif. Kami sambut baik ini tanda ke depan ada pemulihan (ekonomi)," pungkasnya.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA