Dirjen Bea Cukai Se-ASEAN Kumpul di Bali Wujudkan MEA

Raiza Andini    •    Selasa, 16 May 2017 11:45 WIB
bea cukai
Dirjen Bea Cukai Se-ASEAN Kumpul di Bali Wujudkan MEA
Dirjen Bea Cukai Se-ASEAN Kumpul di Bali Bahas MEA. (FOTO: MTVN/Raiza Andini)

Metrotvnews.com, Denpasar: Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai dari 10 negara anggota ASEAN berkumpul di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Bali, membahas berbagai kepentingan strategis kepabeanan dalam rangka mewujudkan masyarakat ekonomi ASEAN serta memberi arahan dan keputusan bagi forum kerja sama.

Tahun ini merupakan pertemuan forum tertinggi di bidang kepabeanan di ASEAN ke-26 yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Indonesia, khususnya Pulau Dewata Bali, berkesempatan menjadi tuan rumah pada forum perkumpulan Direktur Jenderal Bea Cukai se-ASEAN.

Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Republik Indonesia Heru Pambudi menjelaskan dalam pertemuan ini seluruh anggota ASEAN melakukan dialog dengan beberapa sektor dan juga intra dialog dengan pertemuan bea cukai di luar ASEAN.

"Kita juga melakukan intra dialog pertama adalah bea cukai di luar ASEAN yaitu bea cukai Jepang, Australia, dan juga Tiongkok. Di samping dengan dialog partner sesama Bea Cukai pertemuan kali ini juga mengadakan dialog dengan private sector dan asosiasi," ungkap Heru di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Selasa 16 Mei 2017.



Inti dari pertemuan tertutup ini adalah agar seluruh Direktur Jenderal se-ASEAN membahas perkembangan Bea Cuka hingga 15 tahun ke depan melalui keputusan-keputusan strategis. Salah satunya adalah menerapkan pendekatan top-down sehingga kinerja working group lebih fokus dan terarah.

Tidak hanya itu, tambah Heru, pertumbuhan perekonomian negara-negara ASEAN berkembang sangat pesat yang dari segi nominalnya saja mampu menyaingi Tiongkok dan India. Pasar ASEAN juga menjadi bidikan para pelaku usaha sehingga dengan adanya pertemuan ini dapat dilakukan kerja sama antarpartner di negara ASEAN yang dipilih asosiasi atau dengan negara-negara Eropa dan Amerika.

"Karena pasar besar ASEAN itu di Eropa dan Amerika," tambahnya.

Selain melakukan pertemuan yang bersifat strategis, 10 Direktur Jenderal Bea Cukai se-ASEAN juga mengkaji secara teknis. Pihaknya berharap dengan pertemuan ini mampu memajukan perekonomian negara-negara anggota ASEAN khususnya Indonesia.

"Kita melaksanakan koordinasi selama setahun ke depan ini dengan demikian diharapkan Indonesia dan ASEAN bisa memajukan perekonomian dan perdagangan," pungkasnya.

 


(AHL)