Musim Kembali Normal

Pemerintah Pastikan Tidak Buka Keran Impor Beras

Suci Sedya Utami    •    Senin, 16 Oct 2017 10:45 WIB
impor beras
Pemerintah Pastikan Tidak Buka Keran Impor Beras
Menko Perekonomian Darmin Nasution (FOTO: MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menegaskan bahwa di 2017 ini pasokan beras di Indonesia dalam kondisi memadai. Hal tersebut mengartikan bahwa pemerintah tidak akan membuka keran impor beras.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, tahun ini musim tanam untuk padi lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu yang mengalami anomali musim. Tahun ini hujan mulai kembali normal. Sementara tahun lalu, petani dilanda kekeringan akibat musim panas yang berkepanjangan.

"Kelihatannya tahun ini kita tidak akan impor beras, kecuali beras khusus, beras untuk orang diabet," kata Darmin, di Kemenko perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin 16 Oktober 2017.



Namun yang Darmin khawatirkan saat ini yakni mulai jatuhnya harga cabai dan bawang. Tahun lalu, harga komoditas pangan tersebut sempat meroket. Sementara tahun ini, dia bilang, musimnya mulai membaik sehingga pasokan melimpah dan membuat harga menjadi rendah.

Oleh karenanya, Darmin berencana memanggil menteri terkait untuk membicarakan harga dua komoditas yang saat ini rendah.

"Tahun ini cabai rawit malah di bawah normal, karena musimnya bagus. Cabai itu enggak bagus karena hujannya terlalu banyak tahun," tutup dia.

 


(ABD)

Petaka di Gedung Bursa

Petaka di Gedung Bursa

15 hours Ago

77 orang terluka dalam insiden ambruknya selasar di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Polisi m…

BERITA LAINNYA