Perekonomian Tumbuh walau Tidak Signifikan

   •    Sabtu, 02 Dec 2017 16:11 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Perekonomian Tumbuh walau Tidak Signifikan
Ilustrasi. (FOTO: MI/RAMDANI)

Palembang: Pengamat Ekonomi HM Idris melihat perkembangan perekonomian sekarang ini baik secara nasional maupun regional Sumatera Selatan akan berkembang tapi tidak signifikan.

"Artinya, melihat kondisi yang sekarang tingkat kelesuan pertumbuhan perekonomian yang terjadi di mana-mana terutama di sektor manufaktur kemudian di sektor perindustrian itu mengalami kelesuan," kata HM Idris saat ditanya mengenai perkembangan perekonomian di  Palembang, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 2 Desember 2017.

Menurut dia, ke depan mungkin ada pertumbuhan, tetapi tidak signifikan artinya bertahap dalam rangka untuk meningkatkan itu pada 2018.

Sehubungan dengan tahun politik, ia menyatakan, kondisi politik hanya sementara artinya bukan pengerak untuk pendorong kemajuan perekonomian, hanya pemacu sementara dalam rangka untuk multiplayer effect sementara.

"Artinya perputaran uang dan kegiatan aktivitas perekonomian juga tidak jadi pendorong dalam rangka untuk perkembangan perekonomian itu," ujar Idris yang juga mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang tersebut.

Terkait dengan adanya Asian Games 2018, ia menuturkan, kalau Sumatera Selatan multiplayer effect dengan adanya Asian Games akan muncul, tapi secara menyeluruh pertumbuhan perekonomian nasional maupun regional tidak signifikan.

Untuk itu yang harus dilakukan bagaimana pemerintah memberikan stimulan dalam rangka mendorong semua pelaku-pelaku ekonomi baik swasta maupun pemerintah dalam rangka mendorong mereka untuk melanjutkan perkembangan perekonomian.

"Karena kalau tidak ada stimulus dari pemerintah artinya kebijakan-kebijakan, kemudahan-kemudahan baik dari sisi pajak, dari sisi fasilitas yang diberikan pemerintah dalam rangka itu maka pertumbuhan akan seperti inilah," jelasnya.

Oleh karena itu, ada kemudahan-kemudahan itu dari pemerintah kalau ingin mendorong lompatan-lompatan perekonomian tersebut maju.

 


(AHL)