Rupiah akan Bergerak di Rp13.386-Rp13.408/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 12 Jan 2018 10:36 WIB
kurs rupiah
Rupiah akan Bergerak di Rp13.386-Rp13.408/USD
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta: Gerak rupiah telah mampu berbalik positif terhadap dolar AS (USD), sehingga diharapkan dapat kembali menguat lagi di akhir pekan ini. Kenaikan rupiah karena imbas menguatnya mata uang Asia dan euro.

"Meski ada sentimen dari luar, tapi sentimen dari dalam negeri masih cenderung minim sentimen positif untuk rupiah. Walaupun demikian kita harapkan menguat di hari ini," ‎kata ‎Analis ‎Senior PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, dalam riset hariannya, Jumat, 12 Januari 2018.

Harapan untuk terus berlanjut di zona hijau, diproyeksikan nilai rupiah akan bergerak di kisaran support Rp13.408 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.386 per USD.

"Tetap cermati berbagai sentimen yang ada, yang bisa membuat rupiah bergerak terbalik dari posisi menguat," ungkap Reza.

Pada perdagangan Kamis, 11 Januari 2018, rupiah mampu naik 25 poin ke posisi Rp13.403 per USD. Pencapaian itu, diakui Reza, merupakan hal yang positif, karena melonjak naik cukup besar.

‎Lanjut Reza, pergerakan rupiah mencoba mendekati target resisten Rp13.384 per USD. Dengan begitu tidak kembali ke posisi Rp13.400 per USD.

Mata uang Garuda, menurut dia, pada perdagangan kemarin mampu memanfaatkan sentimen masih berlanjutnya pelemahan USD, seiring masih adanya imbas pemberitaan rencana Tiongkok untuk membatasi pembelian obligasi AS.

Di sisi lain, kata Reza, sentimen dari pengurangan pengetatan kebijakan ekonomi AS membuat pelaku pasar juga mempertimbangkan untuk keluar sementara dari USD.‎ "Pada akhirnya memberikan sentimen positif bagi rupiah untuk lanjutkan penguatan," tukas Reza.


(AHL)