Pengamat: Pengusaha Besar Ikut Tax Amnesty Bukan karena Tak Bayar Pajak

Arif Wicaksono    •    Senin, 19 Sep 2016 15:40 WIB
tax amnesty
Pengamat: Pengusaha Besar Ikut <i>Tax Amnesty</i> Bukan karena Tak Bayar Pajak
Pengamat perpajakan Darussalam. Dok Ditjen Pajak.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ramai-ramai pengusaha kakap ikut program tax amnesty memberikan "angin segar" bagi pemerintah. Sejumlah pengusaha besar dari James Riady, Tommy Soeharto, Garibaldi Tohir, Erick Tohir hingga Moerdaya Poo sudah melaporkan kekayaannya dalam program tax amnesty. 

Mengenai hal ini, Pengamat Pajak Danny Darussalam Tax Center Darussalam mengatakan bahwa hal ini mengindikasikan mereka ingin menyesuaikan laporan kekayaan yang salah. Mereka tak bisa dianggap melakukan kesalahan dalam melaporkan pajak. 

"Bisa saja ada kesalahan ketika melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Mereka melaporkan pajak terutang dan bukan harta yang semestinya dilaporkan dalam SPT. Jadi ada kekeliruan yang membuat mereka harus melakukan pengampunan ini," kata dia ketika dihubungi Metrotvnews.com, Senin (19/9/2016). 

Sehingga, hal ini membuat para wajib pajak harus mengonsolidasikan hartanya untuk dilaporkan melalui mekanisme tax amnesty. Dia mengatakan aksi pengusaha tersebut bertujuan untuk mendapatkan manfaat dari program ini. 

Namun dia tak memungkiri bahwa ada yang memang sengaja tak melaporkan pajak ke negara. Mereka yang tak membayar pajak mengambil keuntungan dari program ini yang menjanjikan perlindungan kepada pelapor untuk kasus pajak.

"Namun ini tak mudah disimpulkan, yang jelas ada dua motivasi dari pengusaha besar itu untuk mengikuti program ini. Tapi ini jelas menjadi waktu yang tepat bagi mereka untuk membereskan persoalan administrasinya," kata dia. 



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA