BKPM Klaim Beberapa Perusahaan Mendaftar Tax Holiday

Suci Sedya Utami    •    Senin, 23 Apr 2018 14:19 WIB
tax holiday
BKPM Klaim Beberapa Perusahaan Mendaftar <i>Tax Holiday</i>
Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong (kanan) klaim sudah banyak investor daftarkan tax holiday (Foto: Antara).

Jakarta: Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengklaim beberapa investor telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan insentif fiskal berupa tax holiday terbaru.
 
"Sekarang saya sudah terima beberapa proposal, proyek yang mau menggunakan tax holiday rezim baru," kata Lembong di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 23 April 2018.
 
Kendati demikian, dirinya tidak merinci berapa investor yang telah mengajukan untuk mendapatkan fasilitas fiskal tersebut.
 
Lembong mengatakan, para investor mengajukan tax holiday secara manual, sebab sistem online melalui single submission yang digadang-gadang pemerintah bakal diluncurkan pada April ini nyatanya belum tersedia. Dia bilang, belum diluncurkannya single submission tidak menjadi halangan untuk mengajukan tax holiday.
 
"Sekarang pun bisa apply, tapi belum melalui sistem online single submission, masih tetap bisa melalui manual," tutur dia.
 
Sebelumnya, rezim tax holiday baru yang diatur dalam PMK 35 menyatakan ada 17 sektor yang telah diatur atau 154 kode baku lapangan industri (KBLI) akan mendapatkan fasilitas tax holiday. 154 kegiatan industri itu akan dimasukkan ke dalam sistem single submission, begitu juga dengan tax holiday akan masuk ke sistem tersebut.
 
Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan ketika nvestor melakukan pendaftaran, maka sistem akan menanyakan di bidang industri apa investasi yang akan dilakukan, apabila bidangnya ada dalam daftar KBLI, maka akan ada pertanyaan lanjutan berapa nilai investasi yang dilakukan.
 
Jika nominal minimalnya Rp500 miliar, maka investor tersebut akan langsung mendapatkan tax holiday atau bebas pajak penghasilan (PPh) badan selama lima tahun.
 
"Kalau investasinya Rp500 miliar itu yang paling rendah untuk dapat tax holiday, sistem akan bilang 5 tahun," tutur Darmin.
 


(FJR)


Tarif Kargo Udara Naik Ratusan Persen

Tarif Kargo Udara Naik Ratusan Persen

5 hours Ago

Tiga maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya melakukan kebijakan me…

BERITA LAINNYA