Kas Negara Aman Jelang Ramadan

Kemenkeu Pastikan Penyaluran THR ke PNS

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 15 May 2018 10:55 WIB
tunjangan hari raya
Kemenkeu Pastikan Penyaluran THR ke PNS
Gedung Kementerian Keuangan (Foto: dokumentasi Kementerian Keuangan)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan kondisi kas negara dalam posisi aman menjelang Ramadan 2018. Ketegasan itu juga dalam rangka memastikan pencairan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) akan dilakukan.

Direktur Pengelolaan Kas Negara Kementerian Keuangan Rudy Widodo mengatakan amannya kondisi kas negara didorong oleh penerimaan negara baik dari perpajakan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) atau penerimaan yang bersumber dari penerbitan Surat Utang Negara (SUN) maupun Surat Perbendaharaan Negara (SPN) yang positif.

"Kas negara dalam kondisi aman karena berbagai faktor pendukung yang positif sejak awal tahun dan itu terakumulasi sampai sekarang," kata Rudy, kepada Medcom.id melalui pesan singkatnya, di Jakarta, Selasa, 15 Mei 2018.

Baca: Menaker: THR Wajib Dicairkan Seminggu Sebelum Lebaran

Dalam hal ini, Rudi tidak menampik, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) memberikan dampak positif bagi penerimaan negara. Bahkan, lanjutnya, bergejolaknya kurs dan harga minyak dunia tidak membuat kondisi kas negara dalam kondisi sulit.



Menurutnya kondisi ini tentu menjadi jaminan bagi pemerintah dalam menjalankan kewajiban yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri baik yang aktif maupun pensiunan untuk mendapatkan hak insentif berupa THR.

"Semoga kalau kasnya aman, pencairan THR juga aman, itu doa saya. Tapi semua tergantung Bu Menkeu (Sri Mulyani Indrawati)," jelas dia.

Baca: Pemerintah Masih Godok Pensiunan PNS agar Dapat THR

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan kas negara dalam kondisi yang aman. Ani mengatakan kondisi kas yang memadai tersebut bisa dilihat dari posisi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) yang hingga akhir April berada di angka Rp133,6 triliun atau lebih tinggi dibandingkan dengan posisi yang sama tahun lalu sebesar Rp123,2 triliun.

Baca: Aturan THR untuk Pensiunan PNS Masih Digodok

"Dengan demikian, posisi kas pemerintah dalam kondisi yang cukup memadai," kata Ani, sapaan akrabnya, akhir pekan lalu.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

3 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA