Menkeu: SPJ PNS Telah Dibuat Simpel, Tapi Beranak Lagi

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 14 Sep 2017 20:54 WIB
kementerian keuangan
Menkeu: SPJ PNS Telah Dibuat Simpel, Tapi Beranak Lagi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. MTVN/Suci Sedya Utami.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyoroti kembali mengenai prosedur keuangan negara yang masih bertele-tele. Jokowi menyebut, selama ini pegawai negeri sipil (PNS) sibuk mengurusi surat pertanggungjawaban (SPJ) kegiatan ketimbang berorientasi pada hasil atau kegiatan.

Merespons hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sebetulnya pelaporan pertanggungjawaban sudah dilakukan sesimpel mungkin. Namun, ada beberapa hal yang kemudian membuatnya menjadi rumit dan harus menghabiskan berlembar-lembar kertas.

"Jadi pelaporan sudah disimplifikasi puluhan, kemudian beranak lagi jadi ratusan," kata Ani di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis 14 September 2017.

Namun saat ini, dirinya bilang pelaporan sudah lebih disederhanakan yakni dengan membuat SPJ kegiatan hanya dua lembar. Tak hanya di pemerintah pusat, pemerintah daerah juga diharapkan mengikuti proses simplifikasi tersebut. Dia telah meminta eselon terkait di bawahnya untuk mengimbau agar bagian keuangan di daerah menyederhanakan laporan anggaran yang berasal di daerah.

"Sedangkan laporan yang sifatnya nonkeuangan seperti guru harus buat kenaikan pangkat, atau penyuluh melakukan laporan kegiatan penyuluhan, itu barangklai perlu simplifikasi. Sehingga mereka tidak teberbenai laporan tersebut," jelas dia.



(SAW)