Tiga Sektor Unggulan Sumbang Pajak Terbesar

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 14 Jul 2017 17:52 WIB
pajakditjen pajak
Tiga Sektor Unggulan Sumbang Pajak Terbesar
Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat tiga sektor unggulan penyumbang pendapatan pajak nonmigas adalah pertambangan, pengolahan, dan perdagangan.

Hal tersebut dikatakan Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Direktorat Jenderal Pajak Yon Arsal. Ia menyebutkan pada semester I-2017, pertumbuhan pajak dari sektor pertambangan mencapai 50 persen. Sementara yang lainnya yakni pengolahan 15 persen dan perdagangan sebesar 14 persen.

"Kalau sektoralnya relatif baik. Hampir seluruh sektor tumbuh signifikan. Pertumbuhan pertama itu di pertambangan 50 persen, kemudian diikuti pengolahan 15, perdagangan 14, ini tiga sektor unggulan," kata Yon di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat 14 Juli 2017.

Yon menjelaskan, pertumbuhan penerimaan pajak semester I tercatat mencapai 10,37 persen dengan PPH non migas tumbuh 8,2 persen. Menurutnya, kondisi seperti ini merupakan pertumbuhan yang relatif baik.

"Pada Juni 2017 penerimaan kita Rp87 triliun," ucap dia,

Sementara itu, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugeasteadi menambahkan, tumbuhnya penerimaan pajak menandakan perekonomian Indonesia mulai menunjukkan tren yang positif.

"Pajak itu tergantung pertumbuhan ekonomi. Kalau tidak ada pertumbuhan, kita juga tidak akan ngawur narik pajaknya," pungkas Ken.

 


(AHL)