Tingkat Konsumsi Menguat

Ekonom Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% di Kuartal II-2017

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 31 May 2017 07:32 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Ekonom Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% di Kuartal II-2017
Chief Economist Bank Mandiri Anton Gunawan (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Chief Economist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) Anton Gunawan memprediksi tingkat konsumsi rumah tangga akan meningkat di kuartal II-2017. Hal itu sejalan dengan perayaan Lebaran yang jatuh pada akhir Juni 2017.

Dengan tingkat konsumsi yang menggeliat, Anton Gunawan mengatakan, ‎maka bisa mendorong pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 5,1 persen hingga 5,2 persen di kuartal II-2017. Tentu sejumlah momentum pertumbuhan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Kuartal kedua biasanya konsumsi masyarakat naik dibandingkan dengan kuartal pertama. Apalagi daya beli masyarakat terbantu dengan gaji ke-13 dan THR yang disalurkan bersamaan pada Juni 2017. ‎Kuartal pertama kan sempat jelek, tapi semoga bisa pick up," ujar Anton, ditemui di ‎Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa malam 30 Mei 2017.

Kinerja ekspor di kuartal kedua, lanjut Anton, belum bisa menjadi pendorong ekonomi. Apalagi kinerja ekspor akan lebih lemah di kuartal kedua dibandingkan dengan kuartal pertama tahun ini yang hanya mencapai 8,04 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Dari sisi investasi, sambung dia, juga belum bisa menjadi penyokong utama ekonomi nasional. Walau demikian, sektor swasta memperlihatkan kinerja positif untuk merealisasikan ekspansi besar-besaran di tahun ini.

"Karena proyeknya bersifat jangka panjang. Mungkin juga sebagian private investment takut atau hal lain. Padahal kalau kita lihat listed company, rencana belanja modal mereka naik sampai 40 persen tahun ini,” terang Anton.

Dengan tingkat konsumsi masyarakat yang tumbuh signifikan di kuartal kedua, Anton yakin tingkat ekonomi nasional akan bertengger di kisaran 5,1-5,2 persen di kuartal kedua ini. "Harapannya sektor investasi bisa ikut mendorong ekonomi pertengahan tahun ini," tutup Anton.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA