S&P Naikkan Peringkat Indonesia jadi Investment Grade

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 19 May 2017 16:30 WIB
standard and poorekonomi indonesia
S&P Naikkan Peringkat Indonesia jadi <i>Investment Grade</i>
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's (S&P) akhirnya menaikkan peringkat Indonesia menjadi investment grade. Sebelumnya posisi sovereign credit rating Indonesia adalah BB+ yang kemudian dinaikkan menjadi BBB-/A-3 dengan outlook stabil.

Mengutip keterangan laman resmi S&P, perbaikan posisi Indonesia dilatarbelakangi oleh menurunnya risiko-risiko fiskal Indonesia. Sedangkan langkah pemerintah yang terukur dalam menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menstabilkan keuangan negara juga dipandang positif.

Baca: Keuntungan Jika S&P Naikkan Rating Indonesia ke Investment Grade

"Sebagai hasilnya, kami mengekspektasikan utang pemerintah akan stabil dan defisit anggaran akan turun secara gradual," kata S&P dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Jumat 19 Mei 2017.

Menurut S&P, outlook Indonesia dalam jangka panjang masih dalam kategoru stabil. Pasalnya, sejumlah kenaikan maupun penurunan risiko (upside and downside risks) terhadap rating yang diberikan cenderung seimbang.

Baca: Indonesia Layak Raih Kenaikan Peringkat S&P

Selain itu, S&P juga menyatakan keyakinannya terhadap fokus pemerintah untuk membuat APBN lebih realistis bakal memberikan dampak positif. Selain itu, upaya pemerintah untuk membuat APBN lebih realistis juga akan menurunkan risiko pelebaran defisit anggaran.

S&P kini mengantisipasi bahwa utang net akan berada pada level moderat, yakni di bawah 30 persen dari produk domestik bruto (PDB). Adapun tantangan lain adalah perolehan pendapatan dari perpajakan.


(AHL)