Menko Darmin Berharap Dubes RI Bantu Perekonomian

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 06 Nov 2018 13:10 WIB
ekonomi indonesia
Menko Darmin Berharap Dubes RI Bantu Perekonomian
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution berharap para duta besar Indonesia bisa membantu perekonomian. Misalnya dengan melakukan promosi berbagai kebijakan yang diambil pemerintah di luar negeri.

Dalam pembekalan kepada Dubes Luar Biasa RI di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Darmin menjelaskan kondisi ekonomi terkini. Termasuk perekonomian dunia, serta kondisi ekonomi Indonesia di tengah gejolak global.

"Kita menjelaskan keadaan ekonomi dunia, ekonomi kita, kemudian hal-hal yang sedang disiapkan dan menjadi concern pemerintah, termasuk soal FDI (investasi luar negeri)," kata dia, Selasa, 6 November 2018.

Dirinya menambahkan, pembekalan ini dimaksudkan agar para dubes tahu peta pengembangan ekonomi Indonesia. Pembekalan ini juga diharapkan bisa memudahkan para dubes dalam mempromosikan ekonomi nasional di mata internasional.

"Kita sedang perlu melakukan ini, ini, tolong (disampaikan). Misalnya, kita perlu mengembangkan perjanjian perdagangan, pariwisata di kita, investasi, ekspor dan impor, dan sebagainya," jelas dia.

Darmin mencontohkan, salah satu fokus pemerintah adalah soal perjanjian perdagangan dalam Free Trade Agreement (FTA). Pemerintah berharap perjanjian perdagangan bebas dengan negara lain bisa memperkuat kerja sama Indonesia.

Selain itu, ada Comprehensive Economis Partnership Agreement (CEPA) dengan Uni Eropa. Perjanjian kerja sama Indonesia dengan Uni Eropa diharapkan juga bisa memperkuat hubungan perdagangan dan investasi antara kedua pihak.

 


(AHL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA