BBM Satu Harga akan Berdampak Deflasi di Manado

   •    Kamis, 20 Apr 2017 15:27 WIB
inflasi deflasibbm satu harga
BBM Satu Harga akan Berdampak Deflasi di Manado
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Adimaja)

Metrotvnews.com, Manado: Pemberlakuan kebijakan bahan bakar minyak (BBM) satu harga dipastikan akan berdampak pada deflasi di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

"Penetapan program ini nantinya akan berdampak pada penurunan harga BBM, akibatnya akan terjadi deflasi di Kota Manado," kata Deputi Direktur Advisory dan Pengembangan Ekonomi Buwono Budi Santoso, di Manado, seperti dikutip dari Antara, Kamis 20 April 2017.

Dia mengatakan saat ini harga BBM di Sulut masih lebih mahal jika dibandingkan dengan kota besar lainnya di Indonesia. "Jika BBM satu harga telah dilakukan, maka otomatis harga BBM di Sulut akan turun dan pasti mengalami deflasi," tambah dia.

Ia mengatakan jika deflasi terjadi, maka akan menekan angka inflasi tahunan Kota Manado yang sudah cukup tinggi saat ini. "Karena bobot BBM cukup tinggi dalam angka inflasi di Manado," tutur dia.

Baca: Presiden Canangkan BBM Satu Harga di Papua

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut Moh Edy Mahmud mengatakan Kota Manado pada Maret 2017 mengalami inflasi sebesar 0,23 persen, inflasi tahun kalender sebesar 2,51 persen dan inflasi year on year sebesar 3,93 persen.

Inflasi di Kota Manado pada Maret 2017 terjadi karena adanya kenaikan indeks pada lima kelompok pengeluaran yaitu kelompok kesehatan sebesar 0,92 persen, kelompok bahan makanan sebesar 0,62 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,36 persen, dan kelompok sandang sebesar 0,20 persen.

Menurut dia, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,06 persen, dan juga adanya penurunan indeks pada dua kelompok pengeluaran, yaitu kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,29 persen, dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,19 persen.

 


(AHL)