Bappenas Tekankan Pentingnya Sinergi Perencanaan Pembangunan Pusat-Daerah

   •    Rabu, 15 Mar 2017 12:01 WIB
bappenas
Bappenas Tekankan Pentingnya Sinergi Perencanaan Pembangunan Pusat-Daerah
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro menekankan mengenai pentingnya sinergi perencanaan pembangunan antara pusat dan daerah.

"Dalam pembahasan dengan masing-masing kabupaten dan kota perlu diperhatikan pendetailan perencanaan daerah yang terintegrasi dengan program prioritas nasional," kata Bambang, dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti dikutip dari Antara, di Sleman, Rabu 15 Maret 2017.

Dia juga mengajak pemerintah daerah mendorong penguatan Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan dengan meningkatkan keterkaitan antara alokasi DAK dan sasaran program prioritas nasional.

Dalam Musrenbang Provinsi DIY tersebut, Bambang mengatakan bahwa perencanaan penganggaran menjadi kunci efektivitas pelaksanaan program, sehingga manfaat dari pelaksanaan pembangunan menjadi mudah dicapai.

"Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) berperan penting dalam alokasi anggaran untuk mendukung kegiatan prioritas pembangunan nasional," kata dia.

Sementara itu, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pihaknya akan melaksanaan pembangunan daerah secara holistik melalui penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2018.

Sultan menegaskan RKPD Provinsi DIY 2018 merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan dalam penyusunannya akan mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

"Penyusunan RKPD 2018 ini istimewa karena menjadi rancangan pertama dalam perencanaan RPJMD 2017-2022. RKPD menjadi tanpa acuan, tetapi kemudian kami dapat berkreasi dengan tetap selaras dengan RPJMN dan RKP," kata Sultan.

 


(ABD)