Jaring SPT, Ditjen Pajak Rutin Jemput Bola ke Perusahaan

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 14 Feb 2018 18:17 WIB
pajakekonomi indonesiaspt pajak
Jaring SPT, Ditjen Pajak Rutin Jemput Bola ke Perusahaan
Pejalan kaki melintasi papan sosialisasi pembayaran pajak secara online (MI/ARYA MANGGALA)

Jakarta: Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) rutin menjemput bola dalam menjaring pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan tahunan orang pribadi. Langkah itu dilakukan dengan harapan SPT tidak terlalu menumpuk di akhir waktu yang sudah ditentukan.

Adapun jemput bola yang dimaksud yakni Ditjen Pajak Kemenkeu tak sungkan mendatangi sejumlah perusahaan yang memiliki banyak karyawan dan memfasilitasi pelaporan SPT di perusahaan tersebut, tanpa harus datang ke kantor pajak.

"Sekarang sudah banyak KPP yang bergerak, banyak juga yang datang ke kantor perusahaan yang karyawannya banyak. Kita rutin setiap tahun jemput bola," kata Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Hestu Yoga, di Kantor Pusat DJP, Jakarta Selasa, Rabu, 14 Februari 2018.

Hestu mengatakan Ditjen Pajak tak ragu untuk menerima ajakan kerja sama apabila ada perusahaan yang memiliki karyawan banyak meminta untuk difasilitasi dalam pelaporan SPT. Hal ini dimaksudkan agar pelaporan SPT tak dilakukan secara berbarengan pada saat batas waktu melapor yakni 31 Maret setiap tahunnya. Artinya agar pelaporan tak menumpuk di akhir.



Sedangkan di tahun ini target pelaporan SPT yakni sebesar 77,5 persen dari jumlah wajib pajak yang wajib lapor SPT 17,5 juta jiwa atau sebanyak 13.562.500 jiwa. Sebelumnya, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II mencanangkan program pekan layanan 2018 untuk memenuhi target kepatuhan SPT.

Kanwil DJP Jateng II secara serentak dan masif melakukan sosialisasi pengisian SPT tahunan melalui e-filing ke institusi pemerintah maupun swasta yang memiliki jumlah karyawan yang besar.

Kepala Kanwil DJP Jateng II Rida Handanu mengatakan dari 15 Februari-15 Maret 2018 pihaknya akan melakukan jemput bola dengan membuka pos pelayanan di keramaian untuk penerimaan SPT tahunan, salah satunya mal berupa pojok pajak yang melayani pembuatan EFIN dan e-filing.

 


(ABD)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA