Menteri Darmin Sampaikan Perkembangan Percepatan Izin Usaha ke Presiden

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 10 Oct 2017 15:27 WIB
kemudahan berusaha
Menteri Darmin Sampaikan Perkembangan Percepatan Izin Usaha ke Presiden
Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan) berdiskusi dengan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Foto: MI/Panca

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Darmin menyampaikan perkembangan percepatan perizinan berusaha di Indonesia.
 
"Saya melapor banyak hal terkait pekerjaan yang disetujui Presiden, ini perkembangannya. Pertama, mengenai percepatan perizinan berusaha," kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Menurut dia, masalah percepatan perizinan berusaha itu telah memiliki dasar hukum berupa Peraturan Presieden Nomor 91 Tahun 2017. Pihaknya sudah membentuk satgas untuk mengatur apa saja yang harus dilakukan dalam mempercepat izin usaha.
 
Baca: BI Sambut Perpres Percepatan Berusaha untuk Dorong Investasi

"Tadi saya mengusulkan ke presiden supaya ada sidkab (sidang kabinet) paripurna untuk meminta semua KL (kemnterian/lembaga) mengambil langkah sesuai dengan perpres ini membuat satgas dan lain-lain," ujar dia.
 
Darmin mengatakan, pihaknya juga akan menggelar pertemuan dengan para kepala daerah dan pimpinan DPRD semua daerah. Tujuannya, agar perpres ini berjalan dengan lancar sampai ke tingkat daerah.
 
"Tentu (pertemuannnya) tidak sama-sama hari ini, karena yang namanya bupati wali kota ini ada 540an. Ini kali dua dengan ketua DPRD ini ada 1.080. Mungkin di Jakarta hanya ada 2/3 tempat yang bisa memuat 1.200 orang. Tapi Presiden tadi sudah bilang oke kita laksanakan," katanya.




(FZN)