OECD: Ekonomi Indonesia Tetap Kuat

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 10 Oct 2018 13:13 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesiaIMF-World Bank
OECD: Ekonomi Indonesia Tetap Kuat
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Nusa Dua: Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) melaporkan ekonomi Indonesia masih tetap kuat berdasarkan survei yang dilakukan. Meski tantangan perekonomian global terus meningkat pada tahun ini, namun kebijakan yang diambil pemerintah membuat pertumbuhan ekonomi tetap solid.

Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria memaparkan hasil survei yang menyoroti pentingnya kebijakan untuk meningkatkan ketahanan atas berkembangnya peningkatan risiko global. OECD memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,2 persen pada 2018 dan 5,3 persen di 2019.

"Ekonomi Indonesia semakin berkembang sehat dan bonus demografi akan semakin mempercepat pertumbuhan tahun depan. Hal ini ditopang oleh tingkat kepercayaan kepada Pemerintah Indonesia lebih tinggi daripada semua negara-negara OECD," kata Gurria, di Sofitel, Nusa Dua, Bali, Rabu, 10 Oktober 2018.

Hasil temuan survei ini bisa menjadi basis untuk kerja sama ke depan dalam konteks OECD-Indonesia Joint Work Program. Namun, survei itu tidak berhenti sampai di situ saja. Pasalnya, survei dimaksud juga mengungkapkan bagaimana menciptakan kondisi yang dapat menjamin generasi mendatang mendapatkan kesempatan hidup yang lebih baik.

"Untuk itu infrastruktur, edukasi, kesehatan, dan kualitas kerja masih menjadi tantangan yang harus diselesaikan untuk memastikan pertumbuhan Indonesia berkelanjutan dan inklusif," jelas dia.

Selain itu, survei ini dilakukan dengan mengakomodasi dua faktor penting. Pertama, meningkatkan pendapatan publik untuk pertumbuhan secara bersahabat. Kedua, mendorong industri pariwisata dalam rangka mempromosikan keberlangsungan pembangunan daerah.

Survei ekonomi Indonesia oleh OECD dilakukan secara berkala setiap dua tahun sejak 2008. Survei tahun ini menandai peringatan 10 tahun kolaborasi pemerintah Indonesia dengan OECD dalam program ini, yang menyoroti perkembangan terkini dan juga tantangan yang dihadapi negara untuk terus maju.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

2 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA