Dana Bantuan Palu-Donggala Sudah Ditransfer ke BNPB

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 05 Oct 2018 16:42 WIB
Gempa DonggalaDana Bencana
Dana Bantuan Palu-Donggala Sudah Ditransfer ke BNPB
Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengucurkan dana sebesar Rp560 miliar untuk bantuan awal pascabencana yang menimpa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Dana itu sudah ditransfer ke Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB).

"Itu baru awal, itu yang dari awal sudah dipindahkan Kemenkeu ke BNPB untuk bisa dieksekusi awal. Tapi kan belum selesai, masih akan jalan," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Oktober 2018.

Dirinya menambahkan dana itu baru tahap awal yang disalurkan pemerintah dan masih mungkin bertambah. Nantinya dana tambahan yang diberikan oleh pemerintah akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca: Menkeu Cairkan Rp560 Miliar untuk Gempa-Tsunami Palu

"Tentunya prosesnya akan kita lihat sesuai dengan kebutuhan dan pemerintah support penuh. Dananya bisa berubah. Saat ini kan tahap awal, enggak tahu kan berapa kebutuhan next-nya," jelas dia.

Sementara itu, dana untuk rekonstruksi pascagempa Palu dan Donggala akan menggunakan anggaran tahun depan. Meski demikian, Askolani menyebut, pemerintah masih menghitung kebutuhan dana untuk rekonstruksi.

"Untuk tahap rekonstruksi itu di 2019 enggak tahun ini. Itu akan segera akan diselesaikan pemerintah tapi tentunya ditanya berapa, kita belum tahu. Tapi kalau ada kebutuhan Insyaallah pemerintah siap untuk bisa penuhi di 2018 ini," pungkasnya.

Askolani memastikan pemerintah akan mengelola dana bantuan yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan baik. Dana tersebut akan dikelola secara akuntabel dan transparan.

 


(AHL)