Kementan Ajukan Penaikan Pagu Anggaran

   •    Selasa, 13 Jun 2017 10:21 WIB
kementerian pertanian
Kementan Ajukan Penaikan Pagu Anggaran
Mentan Amran Sulaiman. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mengajukan alokasi pagu indikatif tahun anggaran 2018 sebesar Rp22,66 triliun. Total alokasi tersebut sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan alokasi anggaran tahun ini yakni Rp22,1 triliun.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebutkan sebagian besar dari pagu anggaran tersebut akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana produksi tani.

"Sebesar Rp19,3 triliun atau 85 persen akan ditujukan untuk kegiatan yang menyangkut produksi," ujar Amran di Ruang Rapat Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat, Senin 12 Juni 2017.

Baca: Komisi IV Bahas Anggaran Kementan Tahun 2018

Sementara itu, untuk belanja pegawai, operasional, dan modal, alokasi yang diajukan masing-masing hanya sebesar 10 persen, 3 persen, dan 2 persen.

Amran menyebutkan kegiatan produksi pertanian akan terus menjadi prioritas pemerintah sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

Di luar pagu anggaran tersebut, Kementan sedianya telah mengajukan usulan tambahan anggaran sebesar Rp5,5 triliun untuk periode 2017. (Media Indonesia)


(AHL)