Menkeu Menyoroti Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 08 Aug 2017 19:58 WIB
ekonomi indonesia
Menkeu Menyoroti Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II
Menkeu Sri Mulyani MTVN/Suci.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani memandang positif capaian pertumbuhan ekonomi kuartal II yang tercatat sebesar 5,01 persen. Namun, di sisi lain, dia mengakui capaian tersebut menjadi perhatian serius.

Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, menjelaskan dari sumber pertumbuhan seperti investasi dan ekspor momentumnya masih terjaga dan diharapkan akan membaik di kuartal selanjutnya. Konsumsi pemerintah, kata dia, kendati tak sesuai harapan, toh masih memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Sementara konsumsi rumah tangga yang tumbuh 4,95 persen dipandang Ani masih sejalan dengan target lima persen.




"Di satu sisi harus lihat itu positif dan tetap hati-hati karena konsumsi rumah tangga itu berdampak paling besar dari sisi permintaan ke PDB," kata Ani ditemui di Grand Hyatt Hotel, Jakarta Pusat, Selasa 8 Agustus 2017.

Dirinya berharap momentum penguatan konsumsi rumah tangga akan terjadi di kuartal selanjutnya. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, beberapa program pemerintah telah disiapkan untuk mengakselerasi pertumbuhan konsumsi seperti program keluarga harapan (PKH), beras sejahtera (rastra) serta bantuan lainnya yang bisa mengurangi beban masyarakat dalam menciptakan daya beli.

Ani menyadari eksekusi bantuan sosial memang agak terlambat, namun tidak menghilangkan tujuannya untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga terutama bagi kelompok masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

"Kalau dari sisi belanja itu lebih pada eksekusi kayak PKH, rastra yang kemarin agak terlambat sebulan dan berbagai program bantuan sosial. Tahun depan karena PKH naik jadi 10 juta rumah tangga, maka persiapan harus mulai dilakukan sekarang. Ini diharapkan bisa meningkatkan momentum di semester dua," jelas Ani.

 


(SAW)