Menkeu Tagih Komitmen Repatriasi Meski Kondisi Politik Memanas

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 12 May 2017 12:50 WIB
tax amnesty
Menkeu Tagih Komitmen Repatriasi Meski Kondisi Politik Memanas
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati tetap akan menagih komitmen para wajib pajak yang telah menyatakan kesiapan untuk merepatriasikan dana mereka di luar negeri untuk dipulangkan ke Indonesia.

Pasalnya, beredar kabar bahwa sebagian pengusaha memutuskan untuk menepati komitmen dengan alasan khawatir akan kondisi sosial politik yang tengah terjadi di dalam negeri.

"Kita akan tetap sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh para wajib pajak yang ikut tax amnesty kalau dia bentuknya adalah repatriasi, maka kita berharap harta itu akan dibawa ke Indonesia sesuai dengan apa yang disampaikan," kata Ani di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat 12 Mei 2017.




Menanggapi kondisi saat ini, Ani memastikan, pemerintah, Presiden Joko Widodo, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tentu akan mengupayakan agar kepercayaan pelaku ekonomi tak terganggu meski dihadapkan pada situasi sosial politik.

"Mengenai situasi saat ini, pemerintah akan terus melakukan usaha agar kepercayaan keamanan dan persepsi mengenai risiko di indonesia agar dijaga dengan baik," jelas dia.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat repatriasi yang masuk hingga batas akhir pelaksanaan amnesti pajak di akhir Maret sebesar Rp128,3 triliun.

Sementara, komirmen dana repatriasi yang tercatat sebesar Rp146,6 triliun. Artinya masih ada Rp18 triliun dana repatriasi yang belum masuk ke Indonesia.

 


(AHL)