Suku Bunga Acuan Diprediksi Tetap 4,25%

Desi Angriani    •    Kamis, 15 Feb 2018 09:44 WIB
bank indonesiabi ratesuku bungarepo
Suku Bunga Acuan Diprediksi Tetap 4,25%
Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)

Jakarta: Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memprediksi Bank Indonesia (BI) akan tetap menahan tingkat suku bunga acuan yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate di level 4,25 persen. Prediksi ini sejalan dengan akan diumumkannya suku bunga acuan oleh BI, apakah berubah atau tidak.

Menurut Peneliti Indef Bhima Yudhistira, tekanan eksternal mengalami eskalasi sejak terjadinya fenomena global sell off. Depresiasi rupiah terjadi hingga Rp13.600 per USD sehingga membuat BI harus menjaga suku bunga di level yang menarik bagi investor asing.


Sumber: Bank Indonesia

"Proyeksi BI 7 Days Repo Rate diprediksi tetap di 4,25 persen," kata Bhima, kepada Medcom.id, di Jakarta, Kamis, 15 Februari 2018.

Di sisi lain, bank sentral juga perlu memperhatikan selisih imbal hasil yang makin sempit antara treasury bond bertenor 10 tahun dan surat utang pemerintah. Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, imbal hasil treasury 10 tahun mencapai 2,85 persen.

Sementara surat utang pemerintah Indonesia imbal hasilnya dikisaran 6,4 persen. Jika imbal selisih hasil menyempit maka investor akan memilih treasury bond di AS. Selain itu, dorongan kenaikan Fed Fund Rate (FFR) yang diperkirakan naik tiga kali juga menambah ketidakpastian arus modal asing.


Sumber: Bank Indonesia

Tidak hanya itu, Bhima menambahkan, faktor inflasi dalam negeri juga berpengaruh. Inflasi diperkirakan masih cukup tinggi didorong inflasi pangan akibat mahalnya harga beras, cabai dan ayam. Potensi penyesuaian harga BBM bersubsidi dan tarif listrik pun berpotensi mengerek tingkat inflasi.

Dengan demikian, masih kata Bhima, BI sudah tak bisa mengutak-atik suku bunga acuan karena ruang pelonggaran moneter sudah semakin sempit. "Potensi arus modal keluar masih besar dalam beberapa bulan ke depan," pungkas dia.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA