Menkeu Siap Evaluasi Program Amnesti Pajak

Desi Angriani    •    Selasa, 20 Sep 2016 15:21 WIB
tax amnesty
Menkeu Siap Evaluasi Program Amnesti Pajak
Menkeu Sri Mulyani. (FOTO: MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan mengevaluasi dan mendengar semua masukan dari masyarakat terkait dengan program amnesti pajak.

"Saya akan dengar semua masukan dari masyarakat, dan akan evaluasi bersama," tegas Sri Mulyani, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Hal ini berangkat dari pro dan kontra program amnesti pajak. Di mana salah satunya adalah penolakan dari Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah.

Beberapa hari lalu, Sri Mulyani mendatangi PP Muhammadiyah untuk berdiskusi mengenai amnesti pajak. Saat itu, Sri Mulyani menjelaskan jika program ini diyakini merangsang pendapatan negara melalui pajak.




Selain itu, menteri yang akrab disapa Ani ini pun mengomentari timbulnya petisi perpanjangan amnesti pajak periode pertama.

"Sesuai UU ya harus dilaksanakan, kalau petisi kan enggak bisa menganulir UU. Kita akan dengarkan, pokoknya kita jalankan yang ada dulu, ‎sambil dilihat yang terjadi di lapangan," tegasnya.

Seperti diketahui, program amnesti pajak akan berlangsung dari Juli 2016 hingga akhir Maret 2017. Program ini terjadi dalam tiga periode. Periode pertama dari Juli-September 2016 merupakan periode dengan tarif tebusan terendah dengan dua persen untuk deklarasi dalam negeri dan empat persen untuk luar negeri.

Periode kedua yakni 1 Oktober sampai dengan akhir Desember 2016 merupakan periode dengan tebusan tiga persen untuk deklarasi dalam negeri dan enam persen untuk luar negeri. Periode terakhir dari 1 Januari 2017 hingga 31 Maret 2017 dengan tarif tebusan lima persen untuk deklarasi dalam negeri dan 10 persen untuk luar negeri.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA