Ditjen Bea Cukai Ajak Eksportir Manfaatkan Fasilitas Fiskal

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 07 Aug 2018 11:41 WIB
pertumbuhan ekonomieksporekonomi indonesia
Ditjen Bea Cukai Ajak Eksportir Manfaatkan Fasilitas Fiskal
Sekretaris Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Kushari Suprianto (Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajak para eksportir untuk memanfaatkan fasilitas fiskal yang diberikan pemerintah. Pasalnya, Ditjen Bea Cukai mencatat masih banyak para eksportir yang belum memanfaatkan fasilitas fiskal pemerintah.

Sekretaris Ditjen Bea Cukai Kushari Suprianto mengatakan ada sekitar 500 eksportir yang rutin melakukan ekspor tapi tidak memanfaatkan fasilitas fiskal. Padahal fasilitas kepabeanan bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mendorong ekspor agar lebih tinggi lagi.

"Sehingga atas perintah Presiden ke para menteri termasuk Kementerian Keuangan bagaimana kita beri suatu hal yang lebih ke eksportir yang akan sangat membantu neraca perdagangan," kata dia, di Kantor Ditjen Bea Cukai, Jakarta Timur, Selasa, 7 Agustus 2018.



Dirinya menambahkan pemerintah telah menyiapkan beberapa fasilitas fiskal bagi para eksportir di antaranya fasilitas kawasan berikat, fasilitas kemudahan impor untuk kebutuhan ekspor, fasilitas bea masuk yang ditanggung oleh pemerintah, hingga fasilitas pembebasan bea masuk.

"Kami harapkan apa yang sudah diberikan kepada bapak dan ibu sekalian terutama para eksportir bisa dimanfaatkan. Mudah-mudahan yang belum menggunakan fasilitas ini bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mendorong kegiatan ekspor," jelas dia.

Lebih lanjut, dirinya berharap, peningkatan kegiatan ekspor akan mampu mendorong perekonomian nasional. Untuk itu, diadakannya kegiatan 'Gathering Eksportir Indonesia' diharapkan menjadi jembatan agar fasilitas yang diberikan pemerintah bisa dimanfaatkan eksportir.

"Tentu acara pagi ini adalah suatu acara yang beliau-beliau banyak berdiskusi. Jadi paling banyak menerima masukan kenapa bapak dan ibu belum menggunakan fasilitas ini maupun kendala di lapangan," pungkasnya.

 


(ABD)