Aliran Modal Asing Lewat SBN Tembus Rp28,9 Triliun

Husen Miftahudin    •    Jumat, 02 Nov 2018 16:51 WIB
bank indonesiasurat berharga negara
Aliran Modal Asing Lewat SBN Tembus Rp28,9 Triliun
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)

Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut aliran modal asing yang masuk pada minggu ini sebanyak Rp1,9 triliun. Aliran dana asing tersebut masuk melalui pasar surat berharga negara (SBN).

"Sehingga secara keseluruhan untuk year to date (ytd) perhitungan kami secara netto ada aliran modal asing masuk ke SBN kurang lebih Rp28,9 triliun," ujar Perry di kompleks perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 2 November 2018.

Menurutnya aliran modal asing yang masuk tersebut menandakan kepercayaan investor global terhadap stabilitas perekonomian Indonesia. Peningkatan tersebut lantaran adanya upaya yang dilakukan oleh otoritas bersama pemerintah.

"Confidence pasar merespons langkah-langkah kebijakan yang koordinatif dilakukan oleh BI dan juga bersama dengan pemerintah, baik itu di kebijakan moneternya, kebijakan fiskal, maupun juga langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh pemerintah," jelasnya.

Perry bilang, aliran modal asing yang masuk juga mampu mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. Meningkatnya kepercayaan investor juga sebagai respons atas upaya pemerintah dalam mengendalikan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

"CAD di triwulan III-2018 secara nominalnya memang masih lebih tinggi dari triwulan II-2018. Ini karena ada pengaruh di Juli-Agustus, sehingga secara PDB (Produk Domestik Bruto) kami lihat perhitungannya di triwulan III-2018 kurang dari 3,5 persen PDB," imbuh Perry.

Pada kuartal II-2018, posisi CAD sebesar USD8 miliar atau menembus tiga persen terhadap PDB. "Untuk keseluruhan 2018 kami perkirakan itu CAD lebih rendah atau di bawah tiga persen PDB," tutup dia.

 


(AHL)