Mungkinkah Suku Bunga Kredit Turun Lagi Tahun Ini?

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 07 Feb 2018 11:07 WIB
bank mandirisuku bunga
Mungkinkah Suku Bunga Kredit Turun Lagi Tahun Ini?
Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo (kanan). (FOTO: medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyebut persaingan suku bunga kredit untuk tahun ini akan semakin ketat jika dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, saat ini sudah banyak bank-bank yang menawarkan suku bunga kredit rendah, bahkan telah menyentuh level single digit.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan tahun lalu penurunan suku bunga menjadi kewajiban yang didorong oleh otoritas. Sedangkan untuk tahun ini penurunan suku bunga menjadi keharusan karena semua bank berlomba memberikan bunga murah.

"Untuk 2018 ini sebagian besar sudah single digit, banyak korporasi yang bisa mendapatkan bunga enam hingga tujuh persen. Jadi 2018 akan ada persaingan suku bunga, ini menjadi salah satu tantangan perusahaan," ujarnya di Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa 6 Februari 2018.

Dirinya mencontohkan, kredit untuk segmen Usaha Kecil Menengah (UKM) harusnya bisa lebih rendah. Terlebih penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang diinisiasi oleh pemerintah memberikan suku bunga hanya sebesar tujuh persen.

Meski demikian, Bank Mandiri tetap optimistis jika pertumbuhan kredit tahun ini akan lebih baik. Bahkan Bank Mandiri menargetkan penyaluran kredit perseroan akan menyentuh double digit atau di atas 10 persen.

"Kita optimistis akan membaik di 2018 seiring optimisme perbaikan ekonomi. Mungkin kredit kita akan tumbuh double digit sekitar 11 sampai dengan 12 persen," jelas dia.

Bank Mandiri telah menyalurkan kredit sebesar Rp729,5 triliun sampai akhir tahun lalu, atau naik 10,2 persen (yoy). Adapun kontribusi pembiayaan produktif pada tahun lalu sebesar 74,7 persen dari total portofolio.

 


(AHL)