Komisi XI Sepakati Asumsi Makro Ekonomi 2018

Suci Sedya Utami    •    Senin, 11 Sep 2017 17:24 WIB
ekonomi indonesia
Komisi XI Sepakati Asumsi Makro Ekonomi 2018
Illustrasi. MI/MOHAMAD IRFAN.

Metrotvnews.com, Jakarta; Komisi XI DPR RI menyepakati asumsi makro ekonomi yang ada dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2018.

Dalam rapat kerja bersama Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, Gubernur BI, Kepala BPS, Senin 11 September 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Ketua Komisi XI Melchias Markus Mekeng meyebutken asumsi pertumbuhan ekonomi disepakati 5,4 persen atau seperti yang diusulkan pemerintah. Begitu juga inflasi disepakati 3,5 persen seperti yang diusulkan pemerintah.

Sementara untuk nilai tukar Rupiah disepakati Rp13.400 per USD atau menguat dari usulan pemerintah Rp13.500 per USD serta suku bunga SPN 3 bulan 5,2 persen atau lebih kecil dari usulan pemerintah 5,2 persen.

Kesepakatan mengenai Rupiah dan SPN didasari dengan perkiraan atas semakin membaiknya kondisi dan stabilitas ekonomi dalam negeri yang diharapkan mampu membawa minat investor untuk menanamkan dana di Indonesia.

Jika investor tertarik untuk investasi, maka aliran modal asing dalam bentuk valas USD akan makin banjir dan membuat Rupiah menguat begitu juga dengan suku bunga yang bisa ditekan lebih kecil.

Sementara itu, untuk target pembangunan seperti kemiskinan disepakati 9,5-10 persen, tingkat pengangguran 5-5,3 persen, gini rasio atau kesenjangan  0,38 dan indeks pembangunan manusia 71,5.





(SAW)