Menkeu Tekankan Pentingnya Pengaplikasian Teknologi dalam Kelola Keuangan Negara

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 10 May 2017 20:43 WIB
kementerian keuangan
Menkeu Tekankan Pentingnya Pengaplikasian Teknologi dalam Kelola Keuangan Negara
Menkeu Sri Mulyani . ANTARA/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggarisbawahi penting memperbarui teknologi dalam pengelolaan anggaran negara.

Dalam rakornas Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, mengatakan, penerapan teknologi yang saat ini memang tengah berkembang bisa membuat pengelolaan anggaran lebih baik ketimbang yang sebelumnya.

"Masuknya teknologi dalam design anggaran kita mestinya menjadikan menjadikan pelayanan dengan baik, terutama kecepatan, ketepatan, predictable dan akuntabiitas mampu diperbaiki," kata Ani, Rabu 10 Mei 2017.

Ani mencontohkan pihaknya saat ini telah menggunakan modul penerimaan negara (MPN) membuat pengelolaan anggaran menjadi lebih efisien.

Dia bilang, dulu seluruh traansaksi harus diawasi 181 kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) di seluruh Indonesia dengan dilayani sekitar 500-an staf.

Sedangkan dengan adanya modul ini, seluruh pengawasan transaksi hanya dilakukan oleh 25 staf di satu KPPN. 

"Ini membuat akurasi tinggi dan kecepatan yang lebih baik lagi," tutur dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, jika seluruh lini kerja di birokrasi dilakukan dengan mengaplikasian teknologi maka akan banyak anggaran yang bisa dihemat.


(SAW)