Menkeu Klaim Pengusaha Tidak Keberatan dengan Target Pajak 2018

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 10 Jan 2018 06:02 WIB
pertumbuhan ekonomipajakperpajakanekonomi indonesiarapbn 2018
Menkeu Klaim Pengusaha Tidak Keberatan dengan Target Pajak 2018
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu membidik tingkat penerimaan pajak bisa tumbuh sekitar 20 persen pada 2018. Dalam konteks ini, angka tersebut dinilai tidak akan membebani pengusaha nasional karena target penerimaan pajak sudah ditetapkan melalui pertimbangan yang matang.

"Tidak (tidak membuat pengusaha khawatir) karena kita akan tetap berhati-hati. Pemungutan (pajak) akan tetap dilakukan berdasarkan data dengan benar serta prosesnya dibuat semudah mungkin," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, ditemui di Grand Studio Metro TV, Jakarta, Selasa malam, 9 Januari 2018.

Apabila ada keluhan atau kekhawatiran dari pengusaha maka Ani, biasa ia disapa menegaskan bahwa para pengusaha bisa datang dan menyampaikan secara langsung kepada pemerintah melalui dirinya. Menurutnya dengan adanya masukkan dari pengusaha menjadi penting karena pemerintah bisa segera merespons langsung.



"Supaya kita juga bisa merespons," ungkapnya, yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Ani menegaskan, penerimaan pajak yang ditetapkan pemerintah tidak akan memberikan beban terhadap dunia usaha lantaran pemerintah terus mendukung agar dunia usaha bisa tumbuh lebih maksimal. Adapun dunia usaha memiliki kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi sehingga pemerintah tidak berkeinginan membuat aktivitas dunia usaha terhambat.

"Pokoknya penerimaan pajak tanpa buat dunia usaha merasa bahwa beban atau ketakutan itu akan muncul bagi mereka," pungkas Ani.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA